Semarang merupakan kota Metropolitan dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta penduduk pada tahun 2010. Selain sebagai kota Metropolitan, Semarang menjadi salah satu kota tujuan untuk berwisata. Lawang sewu, Sampoo Kong, dan Kawasan Kota Lama merupakan beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi. Banyaknya wisatawan juga diiringi dengan banyaknya macam makanan khas. Tidak hanya Bandeng Presto dan Lunpia, Semarang memiliki makanan khas lain, yang wajib Kamu coba :

1.      Soto Semarang

Seperti daerah lainnya Semarang memiliki makanan khas berupa soto. Soto Semarang memiliki khas yaitu makanan penemannya berupa sate kerang dan sate ayam. Isinya pun terdapat nasi, kuah kaldu, ayam yang disuir-suir, bawang putih goreng, selederi, serta soun. Biasanya disediakan lauk seperti tempe goreng, perkedel, serta beraneka macam sate yang dimasak manis (bacem).

2.      Tahu Petis

Selain Lunpia, snack yang satu ini merupakan salah satu khas Semarang. Tahunya menggunakan tahu biasa yang digoreng. Kemudian diiris membelah dua (slice) tapi tidak sampai putus, dan diberi petis pada bagian tengahnya.

3.      Tahu Pong

Olahan tahu lain yang menjadi khas adalah Tahu Pong. Penyajiannya mirip dengan empek-empek, bedanya tahu pong berisi tahu goreng. Tidak hanya tahu goreng, Anda juga dapat menambah lauk berupa rempeyek udang (gimbal), telur rebus yang kemudian di goreng dan tidak lupa menggunakan acar lobak. Kuah tahu pong berwarna coklat, yang memiliki rasa manis, asam serta bias ditambahkan cabai jika Anda menyukai pedas.

4.      Pisang Plenet

Kuliner legendaris ini, saat ini sudah mulai sulit untuk dijumpai. Makanan ini merupakan pisang bakar. Namun, yang membuat unik adalah cara penyajiannya yaitu pisang ditekan hingga membentuk bulat, karena proses ini lah disebut pisang planet. Setelah menjadi gepeng, pisang diberi toping, bias kacang, cokelat, selai strawberry dan masih banyak lagi. Terakhir ditambahkan gula halus di atasnya.

5.      Nasi Glewo

Tak banyak yang tahu dengan kuliner yang satu ini. Nasi Glewo mirip dengan nasi pindangnya, namun kuahnya berwarna kemerahan. Isinya terdapat nasi putih, koyor, dan kuah santan. Penyajiannya ditemani dengan emping, sambal terasi serta bawang goreng. Nasi Glewo ini dapat Anda temui di Jl. Batan Miroto IV, Semarang Tengah. Jika anda tidak sempat datang, Anda dapat memesan lewat aplikasi Madhang dengan klik http://mdng.id/yfgaD

Kelima kuliner khas Semarang ini yang wajib Anda coba, jika mampir ke kota Semarang. Atau bagi warga Semarang yang belum mengetahui makanan khas ini wajib untuk segera mencoba.
(DRA)