Nasi goreng biasanya jadi salah satu pilihan jelajah kuliner di malam hari. Seperti Nasi Goreng Babat Pak Sis yang kelezatannya sudah hadir sejak tahun 1970. Pak Sis sudah mulai berjualan nasi goreng keliling sejak sebelum menikah. Bedanya, setelah menikah Pak Sis mengganti babat kambing dengan babat sapi sesuai saran istrinya karena banyak yang tidak suka kambing. Dari berjualan keliling, pak Sis kemudian berjualan di tenda di daerah RS Kariadi sejak tahun 1989 hingga 2015. Sepeninggal pak Sis, usaha ini diteruskan istrinya kemudian sang anak, Upi. Upi sendiri mengaku awalnya ia tak suka memasak. Namun sejak sang ayah meninggal saat ia duduk dibangku SMA, Upi ikut membantu ibunya melanjutkan usaha. Mulai dari membantu cuci piring, Upi belajar dari bawah agar merasakan setiap proses sehingga mental pedagangnya sudah diuji.

Di tahun 2015, Upi memindahkan tenda Nasi Goreng Babat Pak Sis ke pujasera taman kasmaran, Semarang yang buka dari pukul setengah lima sore hingga tengah malam. Meski begitu banyak pelanggan yang masih mengunjungi warungnya, bahkan pelanggan setia pak Sis dari zaman kuliah sampai punya cucu masih suka kesini. Menurut Upi, kunci usaha kuliner agar terus eksis ada di pelayanan. Orang makan tidak melulu cari makanan enak, pelayanan juga termasuk. Seperti dengan mengakrabkan diri dengan pembeli dan hafal selera pelanggan.

Tidak seperti kebanyakan nasi goreng di Semarang, yang membuat istimewa nasi goreng  pak Sis menggunakan sedikit minyak dan kecapnya tidak terlalu hitam. Hal itu yang menciptakan rasa nasi goreng yang cenderung asin dan gurih, cocok bagi yang tidak terlalu suka nasi goreng manis. Selain itu, sebelum diolah babat dibersihkan dengan cara dikerok sehingga warnanya tidak hitam dan benar-benar bersih. Upi juga menggunakan minyak goreng bermutu untuk menjaga kualitas nasi gorengnya.

Selain nasi goreng babat, ada juga varian nasi goreng ayam, telor, iso, paru dan limpa. Disini juga menyediakan menu lain yaitu mie goreng, mie godog , bihun dan babat gongso. Bagaimana, masih berpikir dua kali untuk mencicipi Nasi Goreng Babat Pak Sis saat malam hari? Kunjungi mitra.madhang.id/nasigorengbabatpaksis.