Pepes merupakan makanan nusantara yang umumnya terbuat dari ikan yang dibungkus daun pisang. Namun karena identik dengan aroma amis dan bentuknya yang kurang praktis membuat pepes mulai kehilangan penggemar dari kalangan muda. Hal itulah yang membuat Sitha, seorang apoteker yang mengembangkan usaha Pepes Kumara, pepes ikan tuna tanpa duri yang cocok untuk segala usia.

Resep untuk membuat pepes Kumara didapatkan Sitha dari sang ibu. Prosesnya pun cukup sederhana. Ikan tuna segar diambil dagingnya kemudian dicampur dengan berbagai bumbu khusus. Olahan ikan tuna ini kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus, selanjutnya dipacking. Meski begitu pelanggan pepes Kumara banyak yang berkreasi sendiri dengan Pepes Kumara seperti menggoreng dengan telur atau dibakar.

Pepes ikan tuna ini makin nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat. Rasa gurih dan asin yang pas serta tekstur ikan tuna yang padat terasa sangat nikmat di lidah. Terlebih pepes Kumara tergolong makanan sehat karena proses memasak dengan cara dikukus dan tanpa MSG. Karena itulah pepes Kumara juga kerap dipesan untuk pasien rumah sakit seperti penderita stroke, maag dan darah tinggi yang memiliki kendala dalam mengkonsumsi garam dan makanan pedas.

Kumara sendiri diambil dari nama anaknya yang berarti putra. Usaha ini bermula pada tahun 2012, saat Sitha membuat pepes ikan tuna sebagai suplai untuk anaknya yang seorang atlit sepatu roda. Bentuknya yang menyerupai otak-otak ikan ternyata sangat diminati anak-anak, bahkan kerap digado sebagai snack. Ketika sedang bertanding di Jakarta, tak disangka banyak atlit dari klub lain yang tertarik dengan pepes buatannya. Pemasaran getok tular itulah yang kemudian mendatangkan pesanan pepes Kumara dari berbagai kota dan kerap dijadikan sebagai buah tangan.  

Pepes Kumara tersedia dalam kemasan mika berisi 2 buah pepes dan kemasan box berisi 5 buah pepes dengan tiga varian level kepedasan yaitu pedas, sedang dan tidak pedas. Level kepedasan ini bisa dicampur sesuai keinginan pelanggan. Lezatnya pepes ikan tuna ala Pepes Kumara bisa dipesan melalui aplikasi Madhang di mdng.id/hPnjO.

Melalui aplikasi Madhang, dengan fitur makan di tempat (dine in) pembeli bisa menikmati langsung hidangan pepes ikan tuna ini di outlet Pepes Kumara. Atau jika tidak sempat berkunjung, pembeli juga menggunakan fitur pesan antar (delivery) pada aplikasi Madhang sehingga Pepes Kumara bisa dinikmati dimanapun berada.