Takoyaki merupakan camilan khas negeri sakura yang sangat digandrungi anak muda. Makanan pinggir jalan ini berbentuk bulat dengan isi aneka seafood seperti gurita, cumi dan kepiting. Adalah Irvan, salah satu penjaja Takoyaki yang mempelajari resep camilan khas Jepang ini langsung dari negara asalnya.

Sebelumnya, Irvan bekerja di perusahaan ekspor ikan tuna. Kerap berkunjung ke Jepang, alumni teknologi pangan ini kemudian mempelajari resep takoyaki langsung dari salah satu penjual sekaligus suplier bahan takoyaki di Jepang. Sepulangnya ke Indonesia, Irvan memutuskan memulai usaha dengan nama Takoyaki Okoku. Okoku sendiri diambil dari bahasa Jepang yang berarti kerajaan. Kini pria tahun ini telah memiliki 5 outlet takoyaki yang tersebar di kota Semarang dan Jakarta.

Yang membuat unik, takoyaki disini menggunakan tepung khusus takoyaki yang mengandung ektrak gurita dan katsobosi atau taburan cakalang asli dari Jepang. Tak hanya takoyaki, tersedia juga menu lain seperti okonomiyaki, jajangmyeon, hiroshimayaki, taiyaki, dan panyaki. Irvan selalu berusaha untuk mengikuti selera pasar Indonesia. Seperti untuk isian takoyaki, di negara asalnya gurita yang digunakan tidak dimasak terlebih dahulu. Namun, untuk menyesuaikan lidah pelanggan Irvan memasaknya dahulu dengan bawang putih dan perasan lemon untuk menghilangkan bau amis pada gurita. Begitu pula dengan panyaki yang seharusnya diisi dengan red bean, Irvan menggantinya dengan yang lain seperti coklat, keju, dan masih banyak lagi.

Setiap harinya Takoyaki Okoku bisa menjual 30 hingga 40 porsi dan lebih dari 100 porsi saat weekend. Pelanggan takoyaki rata-rata anak muda. Kedai akan mulai ramai ketika sore hingga malam hari. Takoyaki Okoku mulai buka pukul 10.00 sampai 21.00, sedangkan weekend sampai pukul 21.30. Harapan Irvan, kedepannya Takoyaki Okoku bisa membuka cabang di kota Surabaya, karena cukup ramai dan dirasa cocok untuk membuka cabang disana.

Bergabung sebagai mitra Madhang, Takoyaki Okoku cukup terbantu dengan adanya fitur delivery dari aplikasi Madhang sehingga pelanggannya dapat memesan dimanapun mereka berada. Bagi penggemar makanan khas Jepang ini, Takoyaki Okoku dapat dipesan melalui mdng.id/GgUh4.